19 Desember 2019

Penggantian Disc Brake variasi Vario 125i Old Nissin 220mm

Memasuki kilometer hampir menyentuh 70 ribuan, tiba-tiba rem depan menjadi tidak pakem. Setiap hari komuter 13 kilometer dijalanan Surabaya yang bervariasi macet dan gaspoll. Namun saat membonceng istri maka kekuatan pengereman akan terasa lebih berkurang. Perlu diwaspadai beban penumpang akan berpengaruh banyak terhadap pengereman kendaraan ini. Apalagi Vario 125i saya sudah melang-lang buana dari tahun 2012, dari awalnya suka touring bareng komunitas waktu tahun awal kendaraan hingga cuman komuter PP Rumah Kantor yang ditotal sektiar 26 km tiap hari weekdays. Weekend dan hari libur biasa dirumah jarang keluar jauh.

Disc Brake Jenis 220 mm Nissin
Baca-baca di Internet artikel lawas, memang daya cengkram Disc Brake Vario 125i ini kurang pakem alias agak ngeloyor. Teringat dulu pernah jatuh sekali ketika mengejar lampu merah eh kendaraan motor didepan mendadak ngerem ragu-ragu nembus atau tidak. Pas direm selip dan menyenggol knalpot motor depan dan saya pun sukses menggelepar ditanah aspal. Sambil bangun.. eh itu motor yg disenggol kabur, tahu kalo ngerem mendadak dan menyebabkan orang lain jadi korban keraguan.
Disc Brake yang cuman 190mm ternyata kurang mencengkeram sehingga daya rem depan vario tidak mampu menghentikan hentakan laju cc 125 motor ini.


Entah kenapa tidak menggunakan Discbrake ala motor Standar Bebek seperti Supra maupun Revo. Honda cenderung menghemat (meski sy gk yakin) bahan dari Disc Brake dibikin lebih imut. Tentu katanya sudah dihitung, tp saya pribadi merasa kurang pakem. Di forum komunitas Kaskus pun, pengguna Vario 125 banyak yang mengganti Disc Brake dengan merek yang lebih terkenal dan lebih besar diameternya ke 220 - 260 bahkan 300 mm. Ekstrim ini 300-320 mm.. pasti hampir kayak discbrake Satria 150cc.

image diambil dari blog MotorBlitz
Nah, singkat cerita langsung cuss ganti Kampas yang murah alias KW. Harga kampas wktu itu cuman 22rb, murmer bro.. tapi embuh kemampuan pengeremannya (Standar sih jangan kenceng2) wkwkwk.. Waktu dilepas ama itu petugas di bengkel kepercayaan ternyata Piringan rem asli udah tergerus. Teringat motor keluarga sendiri milik pakde yamaha vega ZR yang pernah patah piringannya. Untung tidak sampai jatuh.. Ngeri, ini pasti gara-gara udah tipis, kampas gak diganti.. BESI ketemu BESI patah dah.. mgkn juga udah tipis krn orangnya bukan tipikal ngurus motor. Maka terpikirlah untuk ganti sekalian upgrade ke Variasi Disc Brake yang lebih gede biar pengereman maksimal.

Tentu kebiasaan jaman now milenial adalah browsing dan cari Cakram ONLINE Shop kenamaan tanah air apalagi kalo gak si Orange, Si Ijo dan si Merah. Liat di testimoni dah ada yg cocok.. SORT Harga TERMURAH dan cek FREE ONGKIR yess.. langsung deh Chat. READY bang.. sip.. Buat Vario bisa.. COCOK.. melayanglah transaksi 123rb ke Toko Asesoris Motor di jakarta untuk kirim itu Merk NISSIN Disc Brake 220mm Plus Bracket (breket terpisah dijual 28rb). Beberapa hari kemudian sampailah dan siap dipasang, bawa ke bengkel langganan lgsg bongkar yang lama.. dan Cruttt.. ditest sama gak? BUSETT.. liat gambar dibawah deh..

Gk kongruen alias lubang baut meleset, gambar berikutnya diperbesar..
MELESET BANYAK .. Njirr.. gimana neh..
Montir langganan langsung bilang.. Gk bisa ini harus di Bor.. Whattttss.... masak iya kirim balik. Langsung deh keluar kata-kata AJAIB.. Gimana baiknya deh bro biar ini bisa dipasang.. bor juga boleh.. (dalam hati misuh asem tenan.. jarene iso nang iklane gawe vario 125 lawas) yasudahlah bawa ke tukang bubut.. kena 40rb bikin lubang baru di sisi yang tidak berlubang.. Untungnya bisa diakalin.
Sambil chat berdebat di chat Si Orange (sh*pee) ini gk bisa dan cuman dikasih solusi suruh bawa ke bengkel biar diakalin.. hadeh gk ada tanggung jawabnya ini. Yawis.. cuss lanjut di Bubut Bor diantar Montir ke Bubut Langganannya.. kena 40rb bawa lengkap dengan ban depan dan bautnya.


Terpasang sempurna Alhamdulillah. Next bawa balik itu Ban Depan yg  udah kepasang Cakram ke bengkel bersama montir. Cek lagi.. sial.. Breket juga meleset, perlu dipapas dikit biar pas.. Udahlah.. percaya ama Montir aja deh.. dan TARRA BERES.

Berikut gambar2nya..


Test perdana adalah penggunaan 13 km pulang dari kerjaan ke Rumah dan Alhamdulillah lancar tidak ada kesulitan. Pengereman bisa maksimal saat boncengan sekarang terasa lebih pakem. Esok harinya baca-baca di internet katanya kampas rem murahan itu mengandung asbestos dan biasanya tidak tahan suhu diatas 250 Celcius sehingga bikin pengereman tidak maksimal. Ok SKIP karena kayaknya gk smpe segitu penggunaan 13km krn bukan buat touring alias cuman buat KOMUTER aja. Cek waktu berangkat kerja dari DINGIN smpe perjalanan ke 13 km ke tempat kerja cek Suhu cuman kisaran 70 Celcius.. berarti AMAN.. next 6 Bulan ganti ke Kampas yang lebih SESUAI.. ORI atau ke merek Bendik yg katanya lebih bagus..

Itulah cerita singkat saya mengganti Disc Brake Variasi 220mm Merk Nissin ke Vario 125i Old tahun 2012 saya. Kesimpulannya adalah.. Mending beli Disc Brake di Toko Fisik jadi bisa sekalian pasang dan gak pusing nambah biaya bor bila terjadi kesalahan tidak sesuai ukuran dan lubang bautnya. Sebenarnya di Surabaya ada banyak toko variasi di daerah Bratang Gede maupun lokasi lainnya misal di area Krampung. Tapi ya gitu deh.. males jalan panas-panas dan males nawar. Misal cocok ini harusnya harganya murah, berhubung kena tambahan ongkos ngebor ya jadi standar harganya. Yang penting udah terpenuhi hasrat upgrade cakram ke Tipe ukuran 220mm. Semoga awet..

Sampai Jumpa Lagi..


Source Lain:
Kumparan
Pertamax7





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan POPULER