4 Mei 2010

Virus active Mei 2010 (maya dedicated)

Pagi ini kembali saya online seperti biasa, saya aktifkan YM saya dan menjumpai saudara saya yg genit abiss di jakarta sudah OL juga di YM!. Pagi ini sperti biasa saya bersih-bersih ruangan, memeriksa jejak-jejak tikus semalam dimeja kerja saya dan kembali beraktifitas mengerjakan pekerjaan kantor yg masih menumpuk. Kawan lama menyapa lewat YM!. Saya ajak ngobrol singkat dan Back2 Work.
Namun tiba-tiba saudara saya yg genit tiba" mengirimkan sebuah link..
sejenak saya pikirkan, teringat kemarin kawan saya jg mengirimkan link serupa ke YM! saya namun sudah saya lakukan langkah prefentiv utk membuka lewat SANDBOXIE dan ternyata tidak bisa dimunculkan. karena ekstensi sudah saya coba pindah ke Jpeg. Terakhir saya coba buka lewat Notepad dan ternyata berupa file yg seperti biasa digunakan virus-virus sebelumnya.
Pagi ini saya lakukan hal yg lain..
saya coba download file tersebut lalu saya coba scan menggunakan beberapa virus scan Online yg free..
perhatikan hasil dibawah ini:
http://scanner.novirusthanks.org
http://virusscan.jotti.org


Terlihat bahwa sebenarnya secara umum file ini tidak terlalu mengkhawatirkan, namun bisa jadi dia mencari celah keamanan pada komputer korban. Lebih Baik kita berhati-hati jika mendapatkan link tidak jelas yg ketika dibuka langsung mendownload sesuatu. Biasanya sifat usil kita untuk membukanya mengabaikan kehati-hatian kita untuk mencurigai sebuah file sebagai virus.


Namun dijadikan catatan, saya sudah coba scan online file ini di situs Kaspersky dan hasilnya adalah:

Attention!
Kaspersky Anti-Virus has detected a virus in the file you have submitted.
Scanned file: IM25394.JPG-www.myspace.com.exe - Infected
IM25394.JPG-www.myspace.com.exe - infected by Backdoor.Win32.IRCBot.oyp
Statistics:
Known viruses : 4041579 Updated : 03-05-2010
File size (Kb) : 102 Virus bodies: 1
Files : 1 Warnings : 0
Archives : 0 Suspicious : 0


Setidaknya untuk saudaraku maya, harap berhati"..
Semoga peristiwa ini menjadi catatan kecil bagi kita semua..
oh iya, sebenarnya ada 1 lagi situs utk free scan file yg dicurigai virus, yaitu di www.virustotal.com
sayangnya entah kenapa di kantor saya tidak bisa dibuka..

Sedangkan untuk Scan Online bisa melihat di link berikut: [free online full scan Computer]

8 komentar:

  1. thanks my brot ^^ ak ga genit kok mas, hanya sedikit centil..:P

    BalasHapus
  2. OMG.. hehehe.. trims dah mampir..
    lain kali jgn cuma mampir, bawa makanan kek!

    BalasHapus
  3. ini bagus mas, sourcenya ok. tapi terkadang aku suka lupa untuk scan sesuatu seperti itu, alhasil di kompie aku pasang deep freeze. btw, bisa ngga sih deep freeze di deactivate oleh virus?

    BalasHapus
  4. Secara umum, ini hanya sebuah cara untuk mengetahui file tersebut bervirus atau tidak, karena jika terjangkiti kita perlu waspada. Mungkin jk kompie kita tdk konek internet tidak masalah apabila tipe virus tersebut aktif saat terkoneksi internet.
    Jadi untuk Bro Edo, tentu saja cukup aman menggunakan DeepFreeze. Tp kalau untuk komputer pribadi yg sering ganti" software kurang luwes kalau pakai deepfreeze. Deepfreeze tdk bisa di deactive karena ia berada di tingkat kernel paling bawah dan aktif saat komputer booting,sdg virus biasanya aktif setelah windows berjalan. Semoga membantu..
    Trims dh mampir ke Blog saya yg JELEK ini..

    BalasHapus
  5. y nanti ta bawa oleh2 permern sekarung ^^

    owh namanya deepfreeze yak..hehehe Allhamdullillah pC ku dipasangin itu tapi mau instal2 jadi susah..

    BalasHapus
  6. tentu saja, karena setelah komputer direstart sistem windows akan kembali seperti semula. Banyak sebenarnya software yang mirip" dengan deepfreeze. Misalnya SHADOW DEFENDER. Ini aplikasi malah gratis kalau untuk personal ataupun Home edition.
    jika sewaktu" curiga flashdisk ada virusnya, tinggal aktifkan,tp kalau utk menonaktifkan harus restart komputer. hehehe..

    BalasHapus
  7. jd flashdisk juga bisa dipasang software sperti deepfreeze itu ?

    BalasHapus
  8. bukan flashdisknya yg dipasangin DeepFreeze, komputernya mayaaaa!! Kalo flashdisk biasanya dikenal dengan DISK WRITE PROTECTED.. nah kalau Flashdisk Umumnya yg sekarang sudah gk ada yg pake Protect"an lg, jd bisa gampang kena virus.. gitu deh..

    BalasHapus

Postingan POPULER