29 Desember 2018

Dell Latitude E7440 Temperature Error


Setelah 6 bulan penggunaan laptop Dell Latitude E7440 dengan processor i5 haswell, dirasa suara kipas laptop terasa cukup mengganggu. Tidak menyenangkan ketika berkumpul dan mengerjakan tugas kuliah bareng, suara bising muncul dari laptop ini. Maklum saja, Laptop ini saya beli bekas dan sebenarnya tidak ada keluhan. Nyaman sekali, ringan karena tipe ultrabook, baterai awet, ukuran pas.. 14 inch dengan layar HD. Pokoknya cocok untuk menemani mengerjakan tugas-tugas perkuliahan dan saat-saat untuk menonton film.

Awalnya dari iseng-iseng cek temperature, kok ada yang aneh ya. Sepertinya laptop ini sensor temperaturenya ngawur sehingga saat-saat tertentu bisa menembus 99'C. Gilaa.. bisa MASAK AERR ini BIAR MATENG.. wkwkwk.. parah, tp anehnya tidak ada gejala mati atau restart seperti normalnya komputer/laptop yang mendeteksi suhu terlalu tinggi. Ini tidak masuk akal.. cek gambar dibawah..
Tuh Kan, gila.. wkwkwk.. ada salah deteksi tapi ini mentrigger fan supaya menyembur kencang ketika mendeteksi temperature yang tinggi jadinya berisik terus laptop saya. Akhirnya berbekal browsing di Kaskus, ketemu nih solusi. Ada thread yg membahas pasta processor sebagai solusi. Setau saya pasta processor banyak yg nyantol dipikiran sih merk ARCTIC Cooling.. apalah itu.. seneng aja mbacanya. Tapi setelah baca-baca ternyata ada merk yang saya kebetulan punya dirumah dan ini mayan daripada keluar duit.. Ntaps lah pokoknya karena dulu murah belinya..
Sebenarnya dari Grafik diatas, pengen coba Arctic Cooling MX-4, tapi search di penjualan online harganya kok lumayan juga ya diatas 150rb. Ngeri-ngeri sedap, tp waktu liat kebawah dikit.. nangkring tuh merk DEEPCOOL Z9. Wah ini menarik, saya dirumah punya Z5 yg kebetulan konon katanya lebih bagus dari Z9 meski harga lebih murah. 
Saatnya Eksekusi, bongkar laptop.. cek fan, bersihkan thermal grease lawasnya.. usap-usap.. aplikasikan tuh DeepCool Z5 dan kembalikan ke asal. Tancep baterai dan.. BISMILLAH..
Kok suhunya tetap ya.. oh salah, saya baca suhu MAX.. hahaha.. tp mayan sih jd turun IDLEnya.. biasanya manteng di 60++ derajat Celcius. Sekarang bisa dibawah 50 derajat Celcius. MANTAP..
Dengan harapan pasti, semoga laptop ini awet dan permasalahan suhu bisa teratasi.
Sekian dulu cerita hari ini.. Ciao..

NB:
in this case, just by using cheap thermal grease I can lower the temperature of my Dell Latitude E7440 laptop. Of course, using a different brand of thermal grease will give different results. Make sure to use gray grease, not white and not too cheap. Make sure when applying to the processor on the laptop just enough, not too much because the laptop processor is small. Good luck..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan POPULER